Sabtu, 08 Oktober 2016

Kuliah itu menyenangkan atau...

Halo semuanya...
Di sela2 perkuliahan yang mulai menggerogoti waktuku, aku menyempatkan menulis post ini.
Kuliah? Mungkin sebagian dari kalian yang sudah menjabat sebagai "Mahasiswa" pasti sudah tau bagaimana perkuliahan. Mungkin bagi adik2 yang masih di bangku SMA yang pasti penasaran gimana sih kuliah itu, menyenangkankah? Atau malah sebaliknya? Mari kita bahas.

Sebenarnya, kuliah itu agak sedikit berbeda dengan di pembelajaran di SMA. Karena di kuliah, pasti kita sudah memilih jalan hidup kita akan kemana (Seharusnya sudah), jurusan apa yang akan kita ambil untuk masa depan kita. Disini kita hanya akan fokus ke mata kuliah tertentu yang pastinya punya keterkaitan dengan jurusan yang kita ambil. Namun, di beberapa jurusan dan beberapa universitas, di tingkat satu kita masih menghadapi yang namanya TPB atau Tahap Persiapan Bersama. Dimana kita masih harus mempelajari beberapa mata kuliah dasar. Dan baru akan lebih spesialisasi di tingkat 2 dan seterusnya.

Kemudian, karena hanya mata kuliah tertentu yang kita pelajari (Gak seperti di SMA dimana kita belajar semua mata pelajaran yang bisa sampai 13 mapel) maka jam belajar pun berkurang. Horeee!! Kita jadi lebih santai, lebih banyak waktu luang. Karena 1 hari itu, bisa saja hanya ada kuliah pagi lalu siang kosong. Atau hanya kuliah siang, atau tidak ada kuliah sama sekali. Sehingga kita punya banyak waktu senggang. Menyenangkan bukan? Eits.. tapi tunggu dulu. Bukan karena kita punya banyak waktu senggang, maka kita bisa main dan hedon sepuasnya. Karena perlu diingat, kita sudah naik jabatan dari SISWA ke MAHASISWA. Sehingga yang tadinya namanya TUGAS. Berubah menjadi MAHATUGAS.

Tugasnya macam-macam, bisa berupa, essay, mengerjakan soal, merangkum, presentasi, atau bahkan belajar mandiri. Karena, di perkuliahan itu, Dosen hanya menjelaskan poin-poin penting saja. Misal dari 1 bab yang terdiri dari 10 halaman, mungki dosen bisa saja hanya menjelaskan sebanyak 4 atau 5 halaman yang merupakan poin utama dari bab tersebut. Sisanya adalah tugas kita untuk lebih memahami dan merinci bab tersebut. Yap, jadi waktu luang yang banyak tersebut, rata-rata lebih dialihkan untuk tugas dan belajar mandiri. Karena belajar mandiri itu mau gak mau harus mau. Kalau kamu mau lulus dengan nilai bagus, wajib hukumnya. Kita harus memahami secara detail dari bab tersebut.

Di perkuliahan juga, kita gak bisa seenaknya belajas SKS (Sistem Kebut Semalam). Karena yang diujikan adalah materi dari banyak bab. Yang rasanya mustahil untuk dilahap dalam 1 malam. Maka dari itu, sebagai mahasiswa yang baik, kita harus mencicil belajar kita agar tidak terjadi yang namanya SKS.

Sekian dari saya, semangat terus..

0 komentar:

Posting Komentar