Jumat, 18 November 2016

SNMPTN? Milih apa ya?

Hai semuanya...
Teruntuk bagi kelas 12 SMA , kalian sadar gasih? Hanya dalam hitungan beberapa bulan , lagi kalian akan dihadapkan situasi dimana kalian harus memilih jurusan dan univ kalian di SNMPTN? Mungkin, kalau dihitung secara matematis itu masih sekitar 6 bulan lagi. Tapi itu gabakal kerasa loh, dengan kesibukan kalian mempersiapkan pelajaran dan UN, 6 bulan itu akan cepat sekali. Dan tiba-tiba saja kalian sudah harus menentukan, univ dan jurusan apa yang harus kalian pilih. Karena jangan sampai, batas waktu men-submit pilihan adalah esok hari, tapi sekarang kalian masih bingung univ apa yang akan kalian pilih.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, mulai dari sekarang, kalian saya sarankan untuk mulai melakukan research kecil-kecilan, mengumpulkan informasi dari google,alumni, guru BK atau apapunlah tentang Perguruan Tinggi di Indonesia. Juga, kalian harus merenung dan memantapkan hati, kemana sih, atau bidang apasih yang menjadi potensi/kelebihan kalian? Atau ingin menjadi apa kalian di masa depan?
Mungkin sebagian dari kalian, sudah punya cita-cita semenjak kecil yang ketika kalian ditanya oleh orang, kalian sudah mantap menjawab pekerjaan tersebut dengan senyum tersimpul di bibir. Namun, kenyataannya, pekerjaan di dunia ini bukan hanya itu-itu saja loh. Banyak sekali pekerjaan di dunia ini yang mungkin, sekarang kalian sama sekali belum tahu. Saya yakin, kebanyakan dari kalian ada yang sudah bercita-cita untuk menjadi, dokter, insinyur, pengusaha, bos atau yang lainnya. Well, sebenernya boleh-boleh saja. Namun, poin pentingnya adalah, apakah jiwa dan potensi kita berada pada bidang tersebut? Thats the main point.

Banyak dari kalian yang kalian pengen jadi ini itu, tapi potensi kalian gak berada di bidang itu. Lantas, apakah kita harus tetap mempertahankan bidang/pekerjaan tersebut? Menurut pengalaman dan pengamatan, seseorang akan lebih menikmati dan menjalankan suatu hal, jika itu sesuai dengan minat dan bakatnya. Jika suatu hal itu sejalan, maka kita akan melakukan suatu hal itu tanpa beban sama sekali, yang ada hanyalah kesenangan yang kita dapatkan. Contoh, orang yang gemar sekali dalam bermain musik dan menulis lagu, maka ia akan melakukan hal tersebut tanpa dorongan siapapun, tanpa beban. Malah ia akan melakkan hal tersebut dengan senang hati karena hal tersebut sesuai dengan minatnya. Jadi sebaiknya, kalian temukanlah potensi dalam diri kalian masing-masing. Dimana minat dan potensi kita. Karena setiap orang mempunyai potensi di bidang yang berbeda. Ada pernyataan, "Kak, saya kayaknya gak punya potensi di bidang apapun deh." Stop berkata seperti itu. Allah menciptakan kita dan memberi kita kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda setiap orang. Jadi, pasti kalian mempunyai kelebihan di bidang tertentu, hanya saja, kalian belum menemukannya.

Memangnya kenapa kak kalau kuliah di bidang yang tidak sejalan dengan minat dan potensi kita?
Well, sejujurnya, hal itu gak salah-salah amat sih. Tidak sedikit juga orang-orang yang menjalani pekerjaan yang berbeda bidang dengan latar belakang pendidikannya. Namun, beberapa lagi, mereka tidak berhasil. Banyak dari mahasiswa yang memilih jurusan tersebut bukan karena keinginannya, mungkin karena faktor lain, dan di tengah-tengah jalan mereka merasa seperti, "Kok begini ya, gak seru, susah, males ah" hingga akhirnya mereka tidak melanjutkan kuliahnya. Karena ia melakukannya dengan terpaksa, bukan atas kehendaknya sendiri.
Tetapi gak semuanya seperti itu kok, jika kalian bisa/sanggup menjalani hal yang diluar minat dan bakat, boleh-boleh saja kok. Siapa juga yang akan melarang. Sejauh kalian sanggup bertahan dalam menjalani hal tersebut. Dan juga, kita tidak bisa menolak takdir. Jika Allah mengkehendaki kita untuk berkuliah di luar bidang minat dan potensi kita, siapa yang bisa melawan? Atau jika itu juga didukung oleh keinginan kuat orang tua untuk mengambil jurusan tertentu. Its okay. Yang terpenting adalah, kalian harus berusaha semaksimal mungkin, jangan mengeluh, lakukan dengan sepenuh hati. Karena jalan kita hakikatnya sudah diatur dan ditentukan oleh Yang Mah Kuasa.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang kalian coba temukan minat dan potensi kalian. Agar kuliah kalian dilakukan dari hati, dan tanpa beban. Yang terpenting adalah jalani dengan sungguh-sungguh, dapatkan ridho orang tua, jangan mengeluh dan cipatakan hasil yang terbaik.


0 komentar:

Posting Komentar